Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

Cara membuat blog menggunakan blogger -Saat ini ada banyak penyedia blog gratis yang dapat kita gunakan, cara mendaftar dan membuat blognya pun dapat di lakukan dengan mudah, cepat, dan gratis.

sumber gambar : ciarciar.com

Tak terkecuali untuk yang baru ingin membuat blog.

Platform blog gratis itu ada banyak diantaranya: blogger, wordpress, blog detik, kompasiana, mywapblog , blog.com, tumblr, dan masih banyak lagi.

Update: saat ini mywapblog sudah tutup.

Setiap layanan blog diatas mempunyai kelebihan dan kekuranganya masing-masing sehingga akan panjang jika di bahas satu persatu.

Namun untuk kali ini kita akan membuat blog menggunakan blogger dengan domain blogspot.com/id saja.

Dengan alasan gratis dan mudah digunakan untuk para pemula yang baru memulai belajar ngeblog dari nol.

Sebelum lanjut saya mau bertanya ke kamu, mengenai tujuan kamu membuat blog untuk apa ya? Jika untuk mendapatkan uang, berarti kamu harus sedikit kerja keras dibandingkan dengan blogger lain dengan tujuan yang beda.

Karena ada kok orang yang membuat blog tapi tujuannya bukan untuk mencari uang tetapi personal branding.

Perlu di ingat, mencari uang dari blog itu gak gampang. Karena perlu banyak latihan dan ilmunya. Tetapi jangan takut, jika kamu terus belajar saya yakin apa yang menjadi tujuan kamu membuat blog bisa terwujud, insyaallah.

Baca : cara mendaftar popcash, layanan yang paling cocok digunakan untuk mencari uang pada blog baru

Di postingan ini akan dibahas point-point seperti:
  1. Pengenalan blogger
  2. Persyaratan mendaftar blogger
  3. Memulai membuat blog blogger
  4. Membuat postingan awal di blogger
  5. Setting dasar blogger

#1. Apa yah blogger itu?

Jika pertanyaannya seperti itu saya akan menjabarkan dengan pengertian umum saja, dimana blogger adalah salah satu layanan milik google layaknya gmail, drive, playstore namun blogger memfokuskan diri pada untuk blog.

Sebenarnya ada satu layanan blog juga yang bisa di adu dengan blogger baik dari segi fasilitas dan jumlah penggunanya yaitu wordpress yang bertipe CMS (Content Management System).

Untuk langkah awal menggunakan blogger sudah cukup.

Mengapa harus blogger?

Karena blogger merupakan blog yang sangat baik untuk kita yang masih pemula. Blogger menyediakan tampilan dan fitur yang dapat kita gunakan dengan mudah meskipun kita baru pertama kali menggunakannya.

Dan yang paling penting adalah jika kamu mau mendapat uang dari iklan adsense, blogger juga sudah menyiapkan menunya. Baca: cara mendaftar adsense

Wordpress juga mudah digunakan si, tapi untuk mendapatkan fitur yang maksimal kita harus pasang plugin dan untuk mendapatkan plugin tersebut kita harus menggunakan yang berbayar bukan yang gratis X_X.

Bukan masalah untuk yang berduit tapi bencana buat yang baru mulai ngeblog dari nol yang belum ada anggaran dana untuk membeli domain dan sewa hosting.  Namun jika kamu ada uang tak masalah silahkan lakukan karena lebih baik begitu.

Nah sekarang kamu sudah sedikit paham mengapa harus memilih blogger dibandingkan pesaingnya. Maka kita lanjut ke pembahasan berikutnya.

#2. Apa ya syarat mendaftar blogger?

Untuk membuat blog gratis blogger!, pertama-tama harus kamu miliki adalah akun email terlebih dahulu. Jika anda belum memiliki baca cara membuat email.

Tapi ingat! Emailnya harus email google (gmail) bukan email yahoo (ymail) atau microsoft (hotmail).
Mengapa demikian? ini adalah layanan milik google dan akan terkoneksi ke semua produk google.

Jika kamu sudah memiliki akun gmail maka kamu tidak perlu mendaftar akun baru lagi, karena akun email tersebut sudah mencakup semua fasilitas di google termasuk mendaftar blogger.

#3. Cara Membuat Blog Menggunakan Blogger

Jika kamu sudah punya akun google termasuk akun email yang sudah di buat tadi, maka langsung saja kamu membuat blognya. berikut caranya;
  • Kunjungi link berikut blogger.com atau blogger.co.id
  • Masukan email (gmail) kamu>> Klik berikutnya lalu masukan password kamu
cara membuat blog
Tunggu sampai proses loading selesai. Setelah proses tadi dilalui dengan tidak ada masalah maka akan muncul tampilan sebagai berikut. akan di minta memilih apakah blog ini akan digunakan terbatas atau untuk publik, jika untuk publik maka kamu akan diminta membuat akun google plus, isi biodata yang di minta hingga selesai.

cara membuat blog gratis


Tampilan tersebut adalah tampilan opsional apakah kamu ingin membuat akun g+ atau tidak, saran saya buat saja karena banyak keuntungannya. Jika sudah isi form yang diminta google untuk akun google+ kamu.

Setelah selesai membuat akun google+, maka akan muncul tampilan blogger seperti berikut ini.

cara membuat blogspot


Nah, sekarang kamu sudah berada di dalam akun blogger dan siap untuk membuat blog.

Klik tulisan blog baru, dan tunggu sampai loading selesai dan muncul tampilan seperti ini.  

cara membuat blog dengan blogger


Isi, Kolom Judul dengan judul apa saja sesuai selera kamu, misalnya seperti blog saya ini iPPLE BLOG atau “panduan membuat blog dari nol”.

Jika sudah buat alamat blog kamu, alamat blog ini juga sesuai selera kamu misal: playblogmie[dot]blogspot[dot]com. kata [dot] di tulis . (titik) saja. Tapi harus unik dan mencermintan blog kamu.

Selanjutnya pilih template sesuai selera kamu, jangan khawatir template ini bisa kamu ganti di kemudian hari jika kamu bosan dengan template yang sudah di pilih saat ini.

Klik buat blok 

Jika berhasil maka akan muncul tampilan dasbor blogger. Selamat!, kamu sudah berhasil membuat blog.

cara mengganti template

Oke, sekarang kamu sudah bisa membuat pos atau tulisan dan siap untuk share ke orang lain. Jika sudah jangan lupa like and follow blog saya ini ya biar kita menjadi teman dan bisa saling berbagi :).

Jika ingin mendapat update artikel terbaru dari blog ini silahkan daftarkan email kamu pada fitur (subscribe di bagian atas blog ini) supaya saya bisa mengabari kamu jika ada artikel baru yang saya buat.

#4. Cara Membuat Postingan Pertama di Blog

Untuk memulai membuat tulisan, silahkan klik kotak oranye bertuliskan Entri baru dan tunggu sampai terlihat tampilan berikut

cara membuat pos di blog

Silahkan mulai menulis. Tips dari saya dalam membuat postingan awal adalah.

Buatlah artikel yang menggambarkan jenis blog kamu, jangan terlalu panjang 700 kata saja sudah lumayan bagus. Namun ingat, artikel ini sebaiknya mengandung informasi yang sangat berguna untuk pengunjung blog kamu nantinya, tidak mesti informasi yang wah....namun bermanfaat saja.

Seiring berjalannya waktu perbanyaklah jumlah postingan kamu dengan panjang artikel min 1000 kata dengan disertai gambar, link, atau file apapun yang ada manfaatnya untuk pembaca blog kamu.

Setelah itu promosikan ke jejaring sosial milik kamu. Dan tunggu kepopuleran blog kamu dimasa mendatang. Insyaallah.

#5. Apa Ya yang Perlu Diseting Pada Blogger

Setelah kamu berhasil membuat blog di blogger ada baiknya kamu melakukan beberapa setingan dasar.

Tujuannya supaya blog yang kamu buat ramah terhadap pengunjung dan search engine google pastinya.
  • Setingan blogger awal yang bisa kamu lakukan adalah:
  • Merubah warna, ukuran, jarak tulisan di header dan footer blogger
  • Merubah ukuran teks postingan
  • Merubah deskripsi/uraian blogger
  • Merubah jumlah postingan artikel yang ingin ditampilkan dalam satu halaman blog.
  • Referensi penelusuran (meta deskripsi)

Lima setelan dasar ini saja sudah cukup buat blog 1 bulan kedepan, jika pengunjung blog sudah semakin bertambah maka setingan blog perlu dilakukan lagi. Nah untuk hal ini saya akan membahas pada pertemuan selanjutnya.

Alhamdulillah, akhirnya selesai juga. Saya ucapkan selamat sekali lagi buat kamu yang sudah berhasil mendaftar dan membuat blog menggunakan blogger, semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Aamiin.

Jangan lupa di share juga ke facebook, twitter, pinterest supaya yang lain juga tahu.

Jangan lupa jika ingin copy mohon sertakan sumbernya ya dan jika ada pertanyaan mohon komen dan jangan rasis ya :), terimakasih sudah berkunjung salam.

Mungkin kamu tertarik : panduan dapat uang dari revenuehits 

Comments

  1. Need To Boost Your ClickBank Commissions And Traffic?

    Bannerizer makes it easy for you to promote ClickBank products by banners, simply go to Bannerizer, and grab the banner codes for your selected ClickBank products or use the Universal ClickBank Banner Rotator Tool to promote all of the ClickBank products.

    ReplyDelete

Post a Comment

loading...